الاثنين، 21 يونيو 2021

Danau Toba Siap Sambut Wisatawan Nusantara

Sandiaga Uno menikmati Danau Toba
Tapanuli Utara  (Wisata Indonesia) – "Saya ingin mengajak wisatawan domestik untuk datang ke Danau Toba. Bangga buatan Indonesia, bangga berwisata di Indonesia, dan viralkan hashtag "Di Indonesia Saja". Sehingga 2021 kita bisa bangkit dan kita bisa pulihkan kehidupan bangsa kita," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Menparekraf Sandiaga Uno, di Piltik Coffee, Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut (31/12).

Kawasan Danau Toba sebagai salah satu dari lima Destinasi Super Prioritas (DSP), di masa pandemic Covid-19, sudah menyiapkan berbagai penerapan protocol kesehatan (prokes) dengan baik. Kemenparekraf beserta stakeholder terkait juga terus berinovasi dari segi paket-paket wisata dan produk ekraf yang nantinya akan dijual kepada wisatawan nusantara.

Menurut Sandiaga, kawasan Danau Toba merupakan destinasi wisata yang memiliki kekayaan alam yang sangat indah. "Destinasi kita (Danau Toba) ‘paten’. Tapi, masih banyak kerja keras, butuh dukungan semua khususnya dukungan masyarakat," tambahnya. Selain itu, Sandiaga juga mengevaluasi hal-hal yang harus ditingkatkan di Danau Toba untuk menjadikannya sebagai ikon pariwisata Indonesia.

Di antaranya dari sisi pembangunan sarana dan prasarana transportasi dan penunjang pariwisata, telekomunikasi, serta penerapan protokol kesehatan berbasis K4 (Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability).

"Tidak ada toleransi terhadap protokol kesehatan, harus benar-benar ketat dan disiplin. Kesehatan tentunya prioritas utama kita karena kita harus mengatasi pandemi. Karena tentunya kita juga jangan mengedepankan pariwisata terus akhirnya menimbulkan peningkatan jumlah penularan COVID-19 ini," terang Sandiaga (ag/lw).

Foto: Istimewa