الاثنين، 21 يونيو 2021

Kawasan Ekonomi Khusus Mandeh Terus Dikembangkan

Sebagian pesona KEK Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan
"Ada dua topik utama kita bahas, pertama adalah untuk menuntaskan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandeh yang sedang dirancang untuk menjadi salah satu pusat pertumbuhan berbasis pariwisata. Kita akan sukseskan program KEK Mandeh yang tidak hanya untuk menghadirkan pariwisata berbasis alam, bahari, tapi juga budaya," kata Menparekraf Sandiaga Uno, saat mengunjungi Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (23/4).

Sandiaga Uno meninjau kawasan pariwisata di Pesisir Selatan, tepatnya Masjid Apung Samudra Ilahi di Pantai Carocok, Painan. Di hari ketiga dalam kunjungan kerjanya ke Sumatera Barat (Sumbar), Sandiaga  bertemu dengan Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar. KEK Mandeh yang telah diusulkan pemerintah daerah setempat sejak 2017 seluas 420 hektare itu menjadi topik bahasannya.

KEK ini masih menunggu calon pengusul dari pihak swasta yang ingin berinvestasi. Turut hadir Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy serta Anggota DPR RI Andre Rosiade. Sandiaga menjelaskan, guna menyukseskan program ini, perlu dukungan dan kolaborasi dari berbagai pihak. Termasuk melanjutkan program pengembangan yang tertunda seperti tourist information centre, homestay juga desa wisata. 

Menparekraf Sandiaga Uno melihat master plan pengembangan KEK Mandeh

 "Salah satunya dapat dilakukan melalui pendekatan program kemitraan antara pemerintah dan dunia usaha. Jadi fokusnya tidak semua membebani anggaran pemerintah," ujar Sandiaga. Sementara Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar menyebut, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan yang dibutuhkan guna mendukung kesuksesan KEK Mandeh. Seperti masterplan yang telah selesai dibuat.

"Karenanya kami berharap dukungan dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk dapat memfasilitasi pembangunan KEK serta memfasilitasinya ke investor sehingga perkembangan di Pesisir Selatan, khususnya melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dapat menciptakan lapangan kerja dan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat," papar Bupati Rusma (ma/ag).