الاثنين، 21 يونيو 2021

Sandiaga Jajal Olahraga Triathlon Di Mandalika

Menparekraf Sandiaga Uno saat olahraga dikawasan Mandalika, Lombok
NTB (Wisata Indonesia) – “Kita baru saja menyelesaikan mini triathlon trai9oool. Mulai dari berenang di Tanjung Aan, lalu bersepeda, dilanjut lari dan finish di Pantai Kuta Mandalika. Semua kita lakukan tentunya dengan penerapan protokol kesehatan secara disiplin yang kita praktikkan sendiri saat kita olahraga. Kita harapkan setiap kegiatan bisa menjalankan protokol kesehatan dengan baik,” kisah Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno (16/1).

Dalam kunjungan ke Kawasan Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang menjadi salah satu dari 5 Destinasi Super Prioritas (DSP), Sandiaga menyebut, kawasan ini layak menjadi venue gelaran wisata olahraga atau sport tourism .

Sandiaga yang melakukan serangkaian olahraga secara terus-menerus (triathlon) mulai dari berenang sejauh 500 meter di Pantai Tanjung Aan, lalu dilanjutkan bersepeda sejauh 7,5 kilometer ke Novotel, dan berlari sejauh 2,5 kilometer ke kawasan Pantai Kuta Mandalika Lombok dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. .

Olahraga yang dilakukan Menparekraf merupakan bagian dari persiapan para komunitas sport tourism untuk menyambut event internasional dengan memanfaatkan kawasan Mandalika sebagai DSP yang fokus pada wisata olahraga.

“Ini adalah tempat yang sangat layak sebagai lokasi sport tourism. Kami mengajak komunitas berkoordinasi dengan ITDC (Indonesia Yourism Devekopment Corportation) untuk mulai menyusun eventnya sepanjang tahun ini menjelang perhelatan MotoGP. Supaya kita bisa meningkatkan semangat dan memberi motivasi serta mempromosikan MotoGP, agar getarannya terasa di seluruh Indonesia,” jelasnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Utama ITDC Abdulbar Mansoer yang akrab disapa Barry menjelaskan, “di tahun 2021 akan ada 5 event internasional mulai dari MotoGP, Superbike, Iron Man, L'etape Indonesia yang menjadi rangkaian Tour de France, dan Rinjani 100.” Menurut Barry, Kementerian Pemuda dan Olahraga sudah menyetujui untuk dibuat kawasan olahraga, di dalamnya akan ada running track.

Kawasan Mandalika  berdiri di lahan 1.100 hektare, memiliki lima pantai dan beberapa bukit yang bisa digunakan olahraga lainya. “Selain pantai, kami juga memiliki gunung yang bisa digunakan untuk parasailing, landingnya di Pantai Kuta Mandalika. Nantinya juga akan ada lapangan golf. Intinya Mandalika siap memfasilitasi gelaran sport tourism yang digelar di Indonesia,” ungkapnya (ma/ag).

Foto: Istimewa