الاثنين، 18 أكتوبر 2021

10 Fakta Unik Jurasic Park Indonesia

Jakarta (Wisata Indonesia) – Memiliki panorama alam yang menakjubkan, Pulau Komodo sudah menjadi destinasi wisata andalan Indonesia yang begitu menakjubkan. Banyak wisatawan mancanegara yang datang untuk melihat hewan langka tersebut secara langsung.

Berikut beberapa fakta unik tentang Pulau Komodo:

1. Pulau ini ditemukan pada 1910 dan sudah menjadi habitat hewan purba, komodo. Hewan tersebut dipercaya bermigrasi dari Australia dan bertahan di NTT hingga saat ini.

2. Steyn Van Hens Broek asal Belanda memberi nama Pulau Komodo. Ia mendengar kisah hewan mirip naga di pulau ini, lalu menelusurinya dan mempublikasikan di Museum Bogor.

3. UNESCO telah menetapkan Pulau Komodo sebagai salah satu Situs Warisan Dunia yang wajib dijaga sejak 1991. Setidaknya pernah ada 2.500 ekor komodo hidup di sini.

4. Keindahan alam dan satwanya membuat pulau ini gak cuma jadi wisata, tapi juga riset ilmiah. Para ilmuan dari berbagai dunia tertarik melihat perkembangan dan evolusi Komodo.

5. Pada 2011, Pulau Komodo ditetapkan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia. Bahkan, pulau di timur Indonesia ini mendapatkan hasil suara terbanyak.

6. Majalah National Geographic edisi Juli 2017 memasukkan Pulau Komodo ke dalam sepuluh besar destinasi terbaik dunia.

7. Sesuai namanya, kamu bisa menemukan komodo berkeliaran di sini. Mereka gak pernah bergerombol dan sering terlihat di pantai, bahkan di pinggir jalan.

8. Pulau Komodo juga terkenal dengan garis pantainya yang panjang dan menawan. Salah satu yang paling populer adalah Pink Beach dengan pasir merah mudanya yang eksotis.

9. Uniknya lagi, Pulau Komodo memiliki perairan laut yang dingin dan panas. Hal itu disebabkan bertemunya air yang mengalir ke utara dan selatan.

10. Pulau Komodo memiliki beragam spesies satwa yang menakjubkan. Setidaknya ada 32 spesies mamalia, 128 spesies burung, 37 spesies reptil, dan 25 spesies hewan darat.

Itulah beberapa fakta unik dari Pulau Komodo. Tidak hanya indah, pulau ini ternyata juga cukup banyak mendapatkan predikat membanggakan.

Foto: Istimewa