Jumat, 23 September 2022

" 3 Dermaga Danau Lut Tawar "

Jakarta (Wisata Indonesia) –“Ingatanku selalu melayang-layang, Terbayang-bayang, Akan eloknya tanah dingin, Berlabuh rindu yang amat kuingin, Danau lut tawar, pusaka tanah gayo”.

Danau Laut Tawar terletak di Dataran Tinggi Gayo, Kabupaten Aceh Tengah, merupakan danau tektovulkanik yang terbentuk bersamaan dengan Sesar Semangko. Itulah sebabnya mengapa Danau Laut Tawar ini terbentang sangat luas, yakni 5.472 hektare dengan panjang 17 km dan lebar 3,219 km. Volume airnya kira-kira 2.537.483.884 m³ (2,5 triliun liter), dan berada di 1500 mdpl.

Danau Laut Tawar memiliki kedalaman bervariatif yang bisa mencapai hingga 50 meter lebih. Di tempat ini juga terdapat berbagai spesies flora dan fauna yang hidup didalam dan disekitar danau. Seperti beberapa jenis plankton, ikan, moluska, dan mamalia.

Sebagai salah satu wisata paling populer di dataran tinggi Gayo , Danau Lut Tawar mempunyai tiga dermaga, antara lain:
• Dermaga Toweren Village
• Mendale Village, dan 
• Loyang Koro Cave

Dan jika kamu berniat, untuk mengelilingi Danau Lut Tawar, Perjalanan yang akan kamu tempuh sekitar 32 km, dengan durasi perjalanan sekitar 8 - 9 jam. Namun sepanjang perjalanan kamu akan disuguhi pemandangan yang sangat indah.(FM)

Foto: Istimewa