الاثنين، 4 أكتوبر 2021

9 Desa Unik Di Indonesia

Jakarta (Wisata Indonesia) – Soal tempat-tempat unik, Indonesia sangat susah dikalahkan oleh negara mana pun. Alasannya apalagi kalau bukan karena begitu banyak tempat di republik ini yang memang unik-unik. Entah itu pantai, bangunan-bangunan, atau pun region alias kawasan macam desa. Soal desa, serius nih, Indonesia memang punya begitu banyak dusun-dusun yang unik luar biasa.

Di Indonesia setidaknya ada 74 ribu desa lebih yang tersebar dari ujung barat ke timur Nusantara. Nah, dari jumlah sebanyak ini, tentu semuanya tidak sama persis dan punya ciri khasnya masing-masing. Entah kultur, kebiasaan, atau pun masyarakatnya sendiri.

1. Desa Ratenggaro dengan Budayanya yang Tak Lekang Waktu

Desa unik yang ada di Sumba ini menawarkan hal yang berbeda dari tempat lain. Hal tersebut tak lain adalah adatnya yang masih menganut sistem zaman prasejarah. Hal ini bisa kita lihat dari bangunan-bangunan di desa ini yang luar biasa unik. Misalnya kubur batu atau monumen-monumen lainnya yang konon merupakan warisan budaya prasejarah.

Selain Desa Ratenggaro yang menganut sistem budaya dan kemasyarakatan ala zaman prasejarah, ada juga Desa Bana yang juga memiliki kekhasan yang sama. Di desa yang terletak di Flores ini, masyarakatnya masih memegang teguh kebiasaan zaman prasejarah. Bahkan bangunan-bangunan peninggalan nenek moyang di zaman batu juga masih dipakai sesuai fungsinya.

3. Desa Sillanan dengan Rumah Ala Toraja-nya yang Menawan

Akan jadi pengalaman tersendiri ketika mengunjungi desa bernama Sillanan yang ada di Sulawesi Selatan ini. Nggak hanya bakal terpukau dengan alamnya yang luar biasa, kita juga bakal disuguhi keunikan budaya di sana, mulai dari kebiasaan masyarakat sampai deretan bangunan-bangunan tradisional unik. Desa seperti ini hanya bisa kita dapatkan di Indonesia.

4. Menyelami Budaya Nias Lewat Desa Bawomataluo

Desa unik di Indonesia selanjutnya adalah Bawomataluo yang ada di Nias, Sumatera Utara. Di desa ini kita akan disuguhi uniknya budaya Nias yang luar biasa itu. Entah lewat bangunan-bangunan unik, atau pun kebiasaan serta upacara-upacara adat. Nggak hanya itu saja sih, desa ini juga menawarkan keindahan alam yang view-nya luar biasa indah.

5. Komunikasi Bahasa Tubuh ala Warga Desa Bengkala

Di Bali ada sebuah desa unik bernama Bengkala di mana dalam kesehariannya para warga berkomunikasi dengan bahasa tubuh. Ya, alih-alih memakai lisan begitu saja, mereka lebih cenderung menggunakan bahasa tubuh. Alasannya sendiri karena banyak warga desa Bengkala yang memiliki kekurangan yakni bisu dan tuli.

6. Uniknya Desa Bermata Biru di Sulawesi Tenggara

9

Fisik orang-orang Indonesia terutama bagian mata selalu berwarna coklat. Tapi, di desa bernama Siompu ini orang-orangnya malah memiliki iris yang warnanya biru terang seperti orang-orang Eropa.

7. Kampung Wae Rebo Flores

Kampung Wae Rebo adalah sebuah kampung tradisional yang terletak di dusun terpencil tepatnya di Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terkenal dengan sebutan kampung di atas awan, Kampung Wae Rebo terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut (mdpl) dikelilingi oleh perbukitan yang sangatlah Indah.

8. Uniknya Desa Pembuat Keris Terbesar

Berkunjung ke Desa Aeng Tong Tong, Madura, kamu bakal merasakan nuansa seperti zaman Majapahit. Bukan, bukan karena ornamen desanya yang tua atau semacamnya, tapi di sini kita bisa menjumpai begitu banyak orang yang membuat keris. Ya, hampir sebagian besar penduduk desa Aeng Tong Tong adalah pengrajin keris yang sudah dimulai sejak dahulu sekali. Unik sekali tentu saja dan hanya bisa ditemui di Indonesia.

9. Bone Bone, Desa Tanpa Asap Rokok

Satu lagi desa unik di Indonesia yang sepertinya juga tak dijumpai di belahan bumi lain. Ya, desa ini bernama Bone Bone yang ciri khasnya adalah bebas asap rokok. 

Inilah deretan desa-desa unik di Indonesia yang hampir mustahil kita jumpai di luar sana. Bangga dong tentu saja karena jadi satu-satunya di dunia. 

Foto: Istimewa