الأحد، 31 أكتوبر 2021

7 Fakta Menarik 'Surganya' Labuan Bajo

7 Fakta Menarik 'Surganya' Labuan Bajo



Jakarta (Wisata Indonesia) – Di musim pandemi, pilihan wisata dalam negeri tentu jadi alternatif terbaik. Salah satunya adalah Pulau Padar yang menjadi salah satu surga alam tersembunyi di Labuan Bajo.

Luas Pulau Padar sendiri sebesar 14,09 kilometer persegi yang masuk dalam kawasan Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi NTT, Indonesia.

Destinasi wisata hits di Indonesia Timur ini menyuguhkan pesona alam yang masih asri, potret lanskap alam berkelas dunia yang membanggakan Indonesia. 

Berikut Beberapa Fakta Menarik Surganya Labuan Bajo:

1. Warisan Wisata Dunia yang Sudah Diakui UNESCO
2. Pulau Padar Bagian dari Taman Nasional Komodo
3. Lokasi Pulau Radar Lebih Dekat dengan Pulau Rinca
4. Potret Keindahan Alam yang Tak Biasa
5. Cuaca Panas Terik di Pulau Padar
6. Biaya Wisata ke Pulau Padar Bisa Ekonomis
7. Komodo Nakal Pernah Dibuang ke Pulau Padar

Sebagai Wisata Warisan Dunia, sudah pasti Pulau Padar memiliki pesona keindahan sepanjang mata memandang.

Jangan lupa sempatkan diving di perairan Labuan Bajo yang seru menikmati keindahan bahari menakjubkan yang tak biasa tersebut.

Sudah Siap berkunjung ke salah satu pulau tersembunyi, yang berada jauh di luar batas laut Nusantara ini ????

Foto: Istimewa





السبت، 30 أكتوبر 2021

8 Fakta Menarik 'Surganya Tanah Dewata'

8 Fakta Menarik 'Surganya Tanah Dewata'




Jakarta (Wisata Indonesia) – Nusa Penida adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Di dekat pulau ini terdapat juga pulau-pulau kecil lainnya yaitu Nusa Ceningan dan Nusa Lembongan.

Dibawah ini beberapa Fakta Menarik Nusa Penida:

1. Pulau yang Aman dari Banjir dan Tsunami
2. Aman dari Segala Bentuk Kejahatan
3. Menjadi Incaran Investasi Asing
4. Memiliki Rumput Laut Paling Langka Di Dunia
5. Memiliki Alam Bawah Laut yang Unik dan Indah
6. Pulau Penghasil Bio Energy (PLTA)
7. Pulau Yang Agamis
8. Matahari Terbenam di Nusa Penida

Pusat tujuan wisata di pulau ini berada di bagian barat dan bagian timur. Dibawah ini beberapa Destinasi Wisata di Nusa Penida.

#Pesisir Selatan
- Banah Cliffs
- Temeling Natural Pool
- Segaring Waterfall

#Pantai Timur
- Pantai Atuh
- Pantai Suwehan
- Bukit Teletubbies Nusa Penida
- Pura Gua Giri Putri

#Barat Pulau
- Broken Beach
- Angel Billabong
- Love Tree / Love Pinkie
- Pinkie Swing
- Klingking Beach
- Cliff’s Manger
- Crystal Bay

#Spot Snorkeling atau Diving Terbaik
- Manta Bay
- Budha Temple
- Crystal Bay
- Gamat Bay
- Mangrove Point
- Wall Point
- Jatty Point

Demikian 8 Fakta menarik tentang Nusa Peninda yang perlu anda tahu, Semoga bermanfaat dan sebagai referensi wisata anda.

Foto: Istimewa




الجمعة، 29 أكتوبر 2021

Travel Agency Partner

Travel Agency Partner

 


Jakarta (Wisata Indonesia) – Kami mengambil konsep Travel & Guidance karena kami ingin para peserta Tour yang menggunakan Travel Agency kami mendapatkan pengalaman yang maksimal, dengan Guidance dari Team kami.

Dengan #WisataYangPentingSeru kami ingin mengajak Anda berfikir logis dengan berwisata. Tidak merpgoh kocek dalam² dan tidak dibikin ribet saat berwisata. #AndaWisatawanKamiPemandunya
#AndaGembiraKarenaKamiYangMengantarnya

Dengan #LiburanDongDiRumahMulu Anda dapat Liburan Murah Meriah #WisataYangPentingSeru

Kami tunggu giliran Anda #LiburanDongDiRumahMulu

الخميس، 28 أكتوبر 2021

3 Dongeng Populer Destinasi Wisata

3 Dongeng Populer Destinasi Wisata

Jakarta (Wisata Indonesia) – Kisah legenda biasa dipercaya benar-benar terjadi atau membentuk suatu tempat. Bahkan kepercayaan ini kemudian diceritakan turun-temurun sehingga menjadi dongeng legenda sampai sekarang.

Di Indonesia sendiri ada beberapa dongeng legenda yang sangat populer hingga saat ini. Apa saja itu?

1. Legenda Gunung Tangkuban Parahu

Semua pasti sudah tahu jika Gunung Tangkuban Parahu ada di Jawa Barat. Ternyata, asal-usulnya dipercaya oleh masyarakat sebagai bagian dari legenda tentang Sangkuriang.

Sangkuriang kembali bertemu dengan Dayang Sumbi, yang tak lain ialah ibunya, kemudian ingin menikah dengan Dayang Sumbi dan ia menolak pernikahan itu.

Dayang Sumbi lalu meminta Sangkuriang untuk membuat bendungan sungai dan perahu yang sangat besar sebelum Matahari terbit.

Sangkuriang menyanggupi permintaan itu. Dan Dayang Sumbi tahu dan menggagalkan usaha Sangkuriang.

Karena gagal, Sangkuriang kecewa. menghancurkan semua usahanya, Perahu itu terapung-apung karena banjir dan akhirnya menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

2. Legenda Danau Toba

Danau Toba di Sumatera Utara ini ternyata juga jadi dongeng legenda. Ternyata Danau Toba mengisahkan tentang seorang petani yang bertemu dengan seekor ikan.

Tak disangka, ikan ini ternyata merupakan seorang putri cantik yang dikutuk karena melanggar aturan kerajaan.

Petani dan putri itu lalu menikah, dan menyepakati untuk tidak menceritakan kepada siapa pun kalau ia dulunya merupakan seekor ikan.

Keduanya memiliki seorang anak yang tidak pernah merasa kenyang. 

Suatu hari, si anak diminta ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya, Ia justru memakannya dan tertidur di rumahnya. Saat melihat anaknya yang tertidur, marahlah si petani itu dan mengatakan bahwa anak itu adalah anak ikan.

Petani itu menyadari kesalahannya, tapi sudah terlambat, Air itu meluap hingga membentuk sebuah danau yang sekarang ini dikenal dengan nama Danau Toba.

3. Legenda Candi Prambanan

Legenda Candi Prambanan di Yogyakarta berkisah tentang Roro Jonggrang yang tidak ingin dinikahi oleh Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang kemudian bersedia menikah dengan syarat Bandung Bondowoso harus membuat seribu candi sebelum Matahari terbit.

Seperti halnya kisah Sangkuriang, Bandung Bondowoso pun menyanggupi tantangan tersebut.

Roro Jonggrang yang tidak mau menikah dengan Bandung Bondowoso, mencoba menggagalkan Bandung Bondowoso.

Setelah itu, Bandung Bondowoso menghitung dan ternyata candinya hanya ada 999 buah, Betapa marahnya Bandung Bondowoso mengetahui hal itu. Ia lalu mengubah Roro Jonggrang menjadi batu untuk melengkapi candinya yang kurang sebuah dengan kekuatannya sendiri.

Nah, setelah mengetahui dongeng diatas, apakah kamu semakin penasaran untuk berkunjung ????

Foto: Istimewa




5 Fakta Madakaripura "Dunia Yang Hilang"

5 Fakta Madakaripura "Dunia Yang Hilang"


Jakarta (Wisata Indonesia) – Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), selalu menyajikan keelokan lukisan alam, salah satunya Air Terjun Madakaripura.

Terletak di Lereng Gunung Bromo menjadikan tempat ini menyimpan daya tarik tersendiri. Bahkan Air Terjun Madakaripura juga dijuluki Dunia Yang Hilang. 

Berbagai Fakta Madakaripura, antara lain:

1. Tersembunyi di Lereng Gunung Bromo
Air terjun Madakaripura berada tepat di Lereng Gunung Bromo dengan ketinggian 1000 mdpl. 

2. Air terjun Tertinggi di Pulau Jawa
Dengan tinggi yang mencapai kurang lebih 200 meter, Madakaripura ditempatkan sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia setelah Si Gura-Gura. 

3. Punya keunikan yang khas, kamu pasti terpana
Kekhasan dari air terjun ini adalah bentuk tebing di sekelilingnya yang menyerupai ceruk sehingga membuat pengunjung seolah-olah berada di dalam botol. 

4. Tidak hanya itu, Madakaripura juga sarat akan sejarah
Dinamakan Air Terjun Madakaripura karena tempat ini dahulu berada di wilayah tanah perdikan Patih Gajah Mada dari Kerajaan Majapahit. Air terjun ini juga dipercaya sebagai peristirahatan dan pertapaan sang patih. 

5. Dijuluki Sebagai Dunia Yang Hilang
Tak jarang masyarakat sekitar menyebutnya sebagai Dunia Yang Hilang. Sebabnya, Madakaripura seperti berada jauh dari peradaban pada umumnya.

Yakin kamu ga pengen kesini ????

Foto: Istimewa





الأربعاء، 27 أكتوبر 2021

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Ada Di Bogor

Jembatan Gantung Terpanjang di Dunia Ada Di Bogor

Jakarta (Wisata Indonesia) – Indonesia bakal memiliki ekowisata baru yang menawarkan kegiatan alam dengan pemandangan indah di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat.

Calon tempat wisata baru ini bernama ekowisata Eiger Adventure Land (EAL). Lokasinya ada di kaki Gunung Gede Pangrango, Desa Sukagalih, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno bahkan meresmikan langsung pembangunan ekowisata Eiger Adventure Land yang digadang-gadang bakal menjadi pariwisata alam berstandar internasional.

Kawasan ekowisata yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) ini akan menghadirkan beberapa ikon, seperti kereta gantung sepanjang 863 meter, serta Jembatan gantung terpanjang di dunia sepanjang 530 meter yang mengalahkan jembatan gantung di Arouca, Portugal dengan panjang 516 meter.

Selain itu, akan ada juga berbagai fasilitas yang menitikberatkan kepada kegiatan alam tropis, seperti forest adventure, cultural walk, adventure playground, traditional village, the sanctuary, hiking, camping, dan overlanding.

Eiger Adventure Land akan buka 2023, serta dibangun di lahan seluas 325 hektar dengan nilai investasi sebesar Rp 800 miliar selama 5 tahun.

Pendirian EAL juga didukung pihak-pihak terkait, seperti Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP), PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, dan Pemerintah provinsi (Pemprov) Jawa Barat.

Pihak EAL juga mendukung pelestarian budaya, meningkatkan kesejahteraan dan pemberdayaan masyarakat, meningkatkan daya tarik TNGGP, juga mendorong percepatan ekonomi daerah.

Foto: Istimewa






الثلاثاء، 26 أكتوبر 2021

" The Famous Sunrise " In Indonesia

" The Famous Sunrise " In Indonesia

Jakarta (Wisata Indonesia) – Pemandangan yang luar biasa di sajikan di sekitar kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

Keindahannya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini sudah dikenal di seluruh dunia, kawasan ini disebut juga "Sunrise terbaik di Dunia". 

Untuk dapat menyaksikan ‘The Famous Sunrise’ dengan sempurna, kita harus sudah ada di view point gunung Penanjakan pada pukul 04.00 wib atau sebelum matahari terbit. 

Jadi kapan kamu menikmati Pagi di Bromo ????

Video: Pribadi


" Tumpak Sewu " Surga Atapnya Pulau Jawa

" Tumpak Sewu " Surga Atapnya Pulau Jawa



Jakarta (Wisata Indonesia) – Gunung Semeru sebagai atapnya Pulau Jawa tak pernah berhenti memukau dunia. Salah satu pesonanya adalah Air Terjun Tumpak Sewu, di Lumajang, Jawa Timur.

Tumpak Sewu mendapat julukan Niagaranya Indonesia, bak surga tersembunyi di lereng Semeru yang patut kamu datangi.

Rentetan air yang bergelimang di balik dinding bebatuan, air terjun Tumpak Sewu bak mini air terjun Niagara yang ada di Amerika Serikat. Keindahan air terjun satu ini telah lama menghipnotis siapapun. 

Memiliki tipe aliran air Plunge, air terjun Tumpak Sewu nampak seperti tirai air yang mengagumkan. Air terjun ini memiliki keunikan yang akan membuat terpesona. Aliran air terjun melebar bak tirai raksasa. Mengalir jatuh ke dasar air terjun melalui tebing setinggi 120 meter. 

Setelah cukup menikmati Tumpang Sewu dari ketinggian, tak ada salahnya melihat dari bawah. Spot lembah Tumpang Sewu ini tak kalah menarik. Namun butuh perjuangan untuk mencapainya. Kamu harus menuruni setidaknya 1000 anak tangga. Jalur ini terbilang ekstrim dengan kemiringan mencapai 70 derajat. 

Setelah menempuh 400 meter perjalanan, kamu akan menemui aliran air Sungai Glidik. Tebing setinggi 120 meter akan kamu lihat sesampainya di lembah.  

Namun, Cuaca menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Jika hujan, debit air dapat membuat bebatuan berjatuhan.

Air terjun Tumpak Sewu menjadi pilihan wisatawan saat berwisata ke Malang maupun Lumajang. Tiket masuk Wisatawan Rp 10 ribu, Parkir sepeda motor Rp 5 ribu, untuk mobil Rp 10 ribu saja.

Betapa murahnya biaya tiket masuk Tumpak Sewu, Lalu Apa kabarnya Tiket masuk Air Terjun Di Jawa Barat ????

Foto: Istimewa





الاثنين، 25 أكتوبر 2021

FPMK Ke-5 "Gelaran Adat Orang Kei"

FPMK Ke-5 "Gelaran Adat Orang Kei"

Sebanyak 1.000 penari panah memeriahkan Festival Pesona Meti Kei III tahun 2018 di Pantai Wisata Ngurbloat, Ohoi Ngilngof, Kecamatan Manyeuw, Kabupaten Maluku Tenggara

Jakarta (Wisata Indonesia) – Penyelenggaraan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) ke-5 akhirnya kembali digelar, setelah 1 tahun absen akibat terdampak Pandemi Covid-19.

Kegiatan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) 2021 akan dilaksanakan selama sembilan hari, 21-29 Oktober. Kegiatan diawali dengan talkshow tentang Harmoni Pesona Meti Kei 2021 di Kantor Bupati Malra.

Jadwal Kegitan FPMK, antara lain:

- 23 Oktober berupa karnaval budaya di Stadion Maren Langgur

- 24 Oktober ada Lomba layangan di pantai Ohoi Oholilir 

- 25 Oktober Futsal extreme di pantai Ohoi Ohoidertavun

- 26 Oktober Lomba dayung sampan di Ohoi Letmank

- 28 Oktober kegiatan Hoping Island di Kawasan Pulau Sepuluh dan penangkapan ikan secara tradisional yang disebut "wer warat" 

- 29 Oktober Bersepeda "Tour de Mollucas" di Pantai Ngurbloat Ngilngof 

Konsep Festival Pesona Meti Kei kali ini berbeda dengan yang sebelumnya. Pemkab Malra menggelar FPMK 2021 dengan dua cara, yakni Hybrid dan Offline. Penayangan hybrid event akan disiarkan melalui kanal YouTube Visit Kei pada 30 Oktober, sehari setelah acara puncak FPMK 2021.

Festival Meti Kei sendiri merupakan festival yang terinspirasi dari tradisi Meti, yang merupakan fenomena alam ketika air laut surut, lalu masyarakat berbondong-bondong memenuhi pantai untuk menangkap ikan.

Kemenparekraf telah menetapkan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN), Yaitu salah satu program nasional, yang diluncurkan Presiden Jokowi dan Menteri Parekraf Sandiaga Uno pada 10 April 2021 lalu.

Jangan sampai kamu lewatkan, keseruan Festival Pesona Meti Kei di tahun ini !!!!

Foto: Istimewa





السبت، 23 أكتوبر 2021

6 Fakta Unik Ngurtafur "Pasir Surga Nuhu Evav"

6 Fakta Unik Ngurtafur "Pasir Surga Nuhu Evav"


Jakarta (Wisata Indonesia) – Tanah Kei (Nuhu Evav), selain memiliki banyak destinasi indah dan menakjubkan, ternyata juga menyimpan pesona Alam yang sungguh luar biasa. 

Salah satunya adalah Pantai Ngurtafur yang terdapat di Pulau Waha, tepat berhadapan dengan Pulau Warbal, dan menjorok langsung ke Laut Banda.

Pantai Ngurtafur sejatinya belum banyak terjamah wisatawan karenanya pemandangannya sangat eksotis dan sangat terjaga. Bukan cuma keindahannya, pantai ini mempunyai keunikan berupa hamparan pasir yang memanjang ke tengah lautan tanpa putus.

Ketika berada di pantai ini, anda serasa sedang berjalan di tengah lautan luas namun sesungguhnya anda sedang berjalan di atas hamparan pasir putih halus yang membelah pantai menjadi dua sisi.

Beberapa Fakta unik Pantai Ngurtafur, antara lain:

1. Pasir Timbul Sepanjang 2 km dengan Lebar 7 meter
2. Mempunyai tekstur pasir yang sangat halus
3. Spot Snorkling yang eksotis
4. Lokasi Berkumpulnya Burung Pelikan 
5. Pasir Timbul Terpanjang di Indonesia
6. Habitat Penyu Belimbing dan tertua bernama "Tabob"

Pantai Ngurtafur merupakan salah satu keajaiban alam yang dapat membuat siapa saja berdecak kagum melihatnya. 

Kunjungilah Pantai Ngurtafur yang terletak di Maluku Tenggara ini, dan saksikan sendiri keindahannya.

Foto: Istimewa





الجمعة، 22 أكتوبر 2021

Cantiknya Bair "Raja Ampat" Di Tual Maluku

Cantiknya Bair "Raja Ampat" Di Tual Maluku



Jakarta (Wisata Indonesia) – Pulau Bair sering kali disebut Raja Ampat mini oleh masyarakat Kei. Ekosistem alam yang dimilikinya memang sangat memuaskan untuk dinikmati mata. Air laut di Pulau Bair begitu bening, sementara serpihan bebatuan mengelilingi pulau kecil itu.

Perairan di Pulau Bair ini sangat jernih. Pemandangan yang disuguhkan di sini akan membuatmu mengagumi kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alam sesempurna Pulau Bair. Kamu bebas berenang, menyelam, hingga snorkeling, dan tentu saja berjemur.

Nikmati panorama sekitar yang secantik lukisan. Tebing-tebing batu tinggi yang mengelilingi, juga menambah keindahan Bair ini.

Pulau Bair dikelilingi oleh hutan mangrove yang hijau. Kamu bisa juga menjelajahnya dan menyaksikan pemandangan yang semakin indah dari ketinggian. Airnya juga terlihat sangat jernih. Banyak yang menyatakan bahwa di sini hidup anak – anak hiu jenis Blacpit. Kadang ikan-ikan kecil tersebut terlihat dari atas.

Untuk sampai di ‘Surga’ ini, kamu harus menyeberang selama 1 jam dengan speedboat dari Kei kecil. 

Foto: Istimewa





Sombori "Surga Mini" Sulawesi Tengah

Sombori "Surga Mini" Sulawesi Tengah



Jakarta (Wisata Indonesia) – Pulau Sombori, menjadi bagian dengan Morowali di Sulawesi Tengah, spot petualangan ini cepat sekali populer. Perkembangan eksistensinya ternyata dipengaruhi oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah sebaran rekaman foto atau video tentang keindahan alamnya di sosial media.

Khususnya Instagram, salah satu sosial media yang hampir digunakan oleh semua petualang, menjadi wadah untuk berbagai macam spot petualangan, termasuk Pulau Sombori yang cantik dan seksi ini bagai bidadari yang mewakili kecantikan dari Bunaken dan Wakatobi.

Penasaran apa saja fakta menarik yang dimiliki oleh Pulau Sombori ????

1. Miniatur Raja Ampat Papua
2. Surganya Pulau Karang
3. Kawasan Konservasi 147.700 HA Di Pulau Sombori
4. Mirip Dengan Phi Phi Island di Thailand
5. Terdapat 2 Gua yaitu, Gua Berlian dan Gua Tengkorak

Makin penasaran dengan keindahan Surgawinya ????

Foto: Istimewa





الخميس، 21 أكتوبر 2021

7 Fakta Labengki "Raja Ampat" Di Sulawesi

7 Fakta Labengki "Raja Ampat" Di Sulawesi



Jakarta (Wisata Indonesia) – Impian kamu bisa diwujudkan, seandainya belum menyempatkan waktu, untuk berkunjung ke Raja Ampat. Di Sulawesi Tenggara, ada Pulau Labengki, yang di gadang-gadang sebagai Miniatur Raja Ampat.

Banyak yang mengatakan kalau keindahan Pulau Labengki tidak kalah cantik dengan Raja Ampat Papua. Hal ini tidak berlebihan karena Pulau cantik di Sulawesi Tenggara ini terdiri dari karang-karang besar yang menghadap ke Samudera. Semua deretan karang tersebut dipersatukan menjadi kepulauan Labengki.

Pulau Labengki juga dikenal sebagai lokasi diving. Uniknya lagi, ada satu spot menarik yang menjadi lokasi ikonik di sini yaitu Teluk Cinta. Dikatakan demikian karena memang di Teluk Cinta Anda akan melihat keindahan teluk berbentuk hati. 

Fakta Menarik Pulau Labengki telah kami rangkum, sebagai berikut:

1. Laguna Mahahumalang

Labengki sendiri memiliki banyak keindahan alam berupa teluk dan laguna. Salah satu laguna yang bisa Anda lihat keindahannya adalah Laguna Mahumalalang. Laguna tersebut memiliki keindahan berupa air lautnya berwarna hijau toska dilengkapi dengan deretan karang tajam disekitarnya. 

2. Laguna Poros Kampali

Laguna Poros Kampali memang memiliki kesamaan dengan Laguna Mahumalalang. Dua laguna tersebut bahkan sering dikatakan sebagai dua laguna kembar. Keduanya hanya dipisahkan dengan deretan karang yang juga bersebelahan dengan laut. 

3. Pantai Pasir Panjang  

Saat ke Labengki jangan lewatkan juga kesempatan untuk berkunjung ke Pantai Pasir Panjang. Disebut demikian karena pantai ini memiliki garis pantai yang panjang sekali. 

4. Teluk Cinta

Dinamakan demikian karena memang teluk yang satu ini memiliki bentuk hati. Hal tersebut tentunya bisa Anda lihat dari atas tebing di sekitar pulau atau melihatnya dengan menggunakan drone. Dan Teluk Cinta merupakan Spot Diving terbaik di Pulau Labengki.

5. Bak Miniatur Raja Ampat

Gugusan pulau Sambori, yang begitu keren dengan gugusan pulau-pulau karang kecilnya yang bak Pianemonatau Wayag di Raja Ampat. 

6. Goa Allo

Goa alam yang berada di dalam karang bukit ini dapat menjadi tempat yang asik untuk dinikmati.

7. Tebing Mahitala

Tebing karang yang menjulang tegak lurus yaitu Tebing Mahitala, pemandangan menarik dengan ketinggian tebing 30 meter diatas pantai pasir putih.

Jadi, masih penasaran ke Phuket di Thailand ????

Negeri ini jauh lebih indah dan lengkap, sebagai Pusat Wisata Dunia !!!!

Foto: Istimewa




الأربعاء، 20 أكتوبر 2021

9 Fakta Ambon Selalu Manise

9 Fakta Ambon Selalu Manise



Jakarta (Wisata Indonesia) – Terakhir kali menjejakkan kaki di tanah Ambon, saat saya berumur 4 tahun, dan itu sudah lama berlalu, karena sebagian besar keluarga, semua tinggal di Pulau Jawa. 

Ada banyak cerita menarik, saat mendengar sahabat atau rekan bisnis, bercerita bagaimana eksotisnya Alam Ambon sampai saat ini.

Ketika mendengar nama kota Ambon pasti terlintas deretan pantai serta bentang alam eksotis. Hal ini benar adanya mengingat letak kota ini berada di wilayah timur Indonesia, yang mana berjajar daerah kepulauan. 

Salah satu destinasi utamanya ialah Pantai Pintu Kota Ambon, berjarak sekitar 16 km dari pusat kota. Objek wisata ini bisa dikatakan pintu yang akan dilewati ketika hendak memasuki Kota Ambon. 

Hal tersebut karena adanya sebuah tebing besar dengan lubang mirip pintu raksasa. Tebing karang ini terbentuk karena gerusan ombak Laut Banda selama bertahun-tahun. Menampilkan pemandangan laut yang biru dan tenang, serta batu karang tersebar hampir di seluruh bibir pantai.

Pantai Pintu Kota Ambon, Adalah salah satu destinasi yang akan kita kita bahas kali ini.

Beberapa Fakta Pantai Pintu Kota Ambon, yang sengaja saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Pantai Eksotis dengan Batu Karang Mirip Gerbang

Dulunya pantai ini merupakan gerbang masuk bagian selatan perairan Ambon. Mulai para pedagang, penjelajah, pelaut, masyarakat lokal, hingga penjajah harus melalui gerbang ini dahulu. Dari celah gerbang batu karang tersebut Anda dapat melihat Laut Banda yang mempesona.

2. Panorama Bahari yang Eksotis

Ambon memang terkenal sebagai salah satu kota dengan wilayah pesisir terbesar. Keindahan lautnya tidak dapat ditolak, dengan warna air biru dan jernih. Tentu saja kecantikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

3. Bibir Pantai yang Unik

Jika wisata pantai lainnya kebanyakan punya hamparan tepi pantai luas, maka Pantai Pintu justru sebaliknya. Bagian bibir pantai yang didominasi pasir sangat sedikit, malah dipenuhi batuan karang. 

4. Menjadi Spot Snorkling dan Diving

Bukan rahasia lagi apabila Ambon populer dengan keindahan laut yang luar biasa. Tak ayal jika Pantai Pintu Ambon juga memiliki kekayaan bahari yang sama cantiknya. 

5. Menjelajahi Alam

Bagi jiwa petualang tentu cocok menempuh perjalanan menuju destinasi ini. Pasalnya dari lahan parkir perlu melalui trek cukup panjang hingga tiba ke bibir pantai. Kondisi jalannya berbatu, curam, dan licin jadi perlu waspada. 

6. Menikmati Lanskap Alam

Tebing yang menjorok ke arah laut dan berwarna coklat kemerahan begitu memanjakan mata. Apalagi warnanya kontras dengan warna laut biru kehijauan. 

7. Keliling Pantai Naik Speedboat

 Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan sewa speedboat milik nelayan. Anda diajak berkeliling lautan dan melalui gerbang batu karang yang menjadi ikon wisata.

8. Menyaksikan Panorama Sunset

Momen matahari terbenam disini sangat indah dan memanjakan mata. Semburat senjanya memantul ke permukaan air, dan menciptakan siluet batu karang indah.

9. Warung Kuliner Khas Ambon

Setelah puas menikmati semua keindahan ditempat ini, sudah saatnya memanjakkan dahaga kuliner ketika kita berkunjung kesini, dengan sajian masakan khas Ambon dan es kelapa muda. Ada pula yang menjual rujak buah Ambon yang mempunyai cita rasa tersendiri. 

Berkunjung ke Kota Ambon sayang sekali bila tidak mampir ke Pantai Pintu Kota. Lanskap alam yang memukau berupa batu karang besar, dengan lubang di bagian tengah. Hampir seluruh tepi pantai tersebar batu karang kecil. Air laut jernih hingga terlihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil berenang.

Ayo kamu juga harus menjadi bagian, Si Manise di Kota Ambon yang sangat memanjakkan mata.

Foto: Istimewa




Spot Instagramable Desa Purba 4500 Silam

Spot Instagramable Desa Purba 4500 Silam



Jakarta (Wisata Indonesia) – Selain Budaya Pasola, Sumba Barat memiliki Desa Adat yang bernuansa Purba, yang berjarak sekitar 56 km dari Kota Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. 

Uniknya, Pada saat memasuki kawasan Desa Adat Ratenggaro, anda akan tmrasa seperti sedang berada pada Jaman Batu Besar ±4500 tahun lalu. Itu bisa dilihat, karena terdapat beberapa kuburan batu yang masih terawat dengan sangat baik.

Ratenggaro sendiri memiliki arti yaitu ‘Rate’ yang berarti kuburan, sedangkan ‘Garo’ yang artinya orang-orang Garo. Jadi konon katanya dahulu kala ketika masih terjadi perang antar suku, suku dari orang yang sekarang menjadi penghuni desa ini berhasil merebut wilayah desa orang-orang Garo. Pada zaman itu, suku yang kalah perang akan dibunuh dan dikubur di tempat itu juga. Terdapat 304 buah kubur batu dan 3 di antaranya berbentuk unik dan terletak di pinggiran laut. 

Kampung adat ini memiliki keunikan pada rumah adatnya (Uma Kelada) yang memiliki ciri khas menara menjulang tinggi mencapai 15 meter.  Atapnya menggunakan bahan dasar jerami dan tinggi rendahnya atap didasarkan atas status sosial mereka. 

Ratenggaro merupakan Desa Adat yang masih memegang teguh dan melestarikan adat dan Tradisi peninggalan Leluhurnya, terbukti dari masyarakatnya yang masih menganut tradisi Marapu sama seperti kampung-kampung lain di Kabupaten Sumba Barat Daya pada umumnya.

Tipikal rumah Adat di Desa Ratenggaro hampir sama seperti orang Flores dan orang Toraja di mana rumahnya terdapat rahang babi dan tanduk kerbau yang digantung sebagai simbol bahwa orang yang memiliki rumah tersebut pernah melaksanakan upacara Adat.

Dan untuk kamu yang ingin spot foto yang sangat instagramable, Kunjungilah Desa Adat Ratenggaro, dijamin kamu bisa merasakan bagaimana epiknya suasana pada Zaman Purba dulu !!!!

Foto: Istimewa






8 Fakta Eksotisme Kelimutu

8 Fakta Eksotisme Kelimutu



Jakarta (Wisata Indonesia) – Sejatinya, masyarakat Lio umumnya percaya bahwa Kelimutu merupakan tempat peristirahatan terakhir para arwah, ruang di mana semua jiwa kembali setelah perjalanan hidup berakhir. Danau yang terletak di Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT),

Sesuai dengan warnanya, Danau Pertama yaitu bernama Tiwi Ata Mbupu, Danau Kedua Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan yang Ketiga Tiwu Ata Polo.

- Warna Putih “Tiwu Ata Mbupu”, adalah tempat berkumpulnya arwah para leluhur yang meninggal ketika tua. Tiwu Ata Mbupu memiliki luas sekitar 4,5 hektar, dengan kedalaman mencapai 67 meter (kedua terdalam)

- Warna Biru “Tiwu Nuwa Muri Koo Fai”, adalah tempat berkumpul arwah dari orang-orang yang meninggal pada usia muda. Tiwu Nuwa Muri Koo Fai memiliki luas 5,5 hektar, dengan kedalaman mencapai 127 meter (terdalam dari kedua lainnya).

- Warna Merah atau “Tiwu Ata Polo”, adalah tempat berkumpul arwah dari orang-orang yang semasa hidupnya kerap berbuat jahat. Tiwu Ata Polo memiliki luas 4 hektar, dengan kedalaman mencapai 64 meter (paling dangkal dari keduanya).

Keajaiban tiga warna Danau Kelimutu di Desa Moni, Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende menjadi perbincangan hangat dari wisatawan Mancanegara dan Nusantara saat berlibur ke Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Berikut 8 Fakta betapa Eksotisnya Danau Kelimutu yang sangat mendunia, antara lain:
1. Memiliki Tiga Warna
2. Legenda Turun Temurun Warna Danau
3. Perubahan wlWarna Danau Sebanyak 44 kali (1915-2011)
4. Upacara Adat dan Pemberian Persembahan
5. Menjadi ikon Pecahan Uang 5 Ribuan
6. Berada pada ketinggian 1.638 mdpl
7. Menjadi Sumber Air Sungai Ria Mbuli
8. Hasil Dari Ledakan Gunung Kelimutu Purba (terakhir erupsi 1968)

Perubahan warna dari ketiga danau di Danau Kelimutu menurut para ilmuwan disebabkan karena terjadinya perubahan gas gunung api. Perubahan tersebut juga disebabkan oleh zat besi dalam fluida yang menghasilkan warna merah dan cokelat tua. 

Sedangkan untuk warna hijau, hal tersebut dikarenakan oleh lumut yang ada di dalam danau, serta erosi dinding danau yang bisa membuat warna danau menjadi lebih tua.

Jika ingin merasakan nuansa khas Ende, Silahkan berkunjung saat Upacara adat "Pati Ka Du'A Bapu Ata Mata" atau upacara Patika. Yaitu Upacara Adat Memberi Sesaji kepada Arwah Para Leluhur.

Foto: Istimewa