Minggu, 03 Oktober 2021

8 Gua Paling Eksotis di Indonesia

Jakarta (Wisata Indonesia) – Kalau kamu hanya berwisata menikmati panorama di permukaan tanah, mungkin itu sudah biasa. Bagaimana kalau berwisata menelusuri dunia bawah tanah Indonesia, seperti gua.

Tak kalah dengan luar negeri, gua di Indonesia ini memiliki panorama yang sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut delapan gua yang sangat menakjubkan di Indonesia.

1. Gua Gong
instagram.com/dolmunif
Gua yang terletak di Pacitan ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan kecantikan batu stalakmit dan stalaktitnya. Tak heran, kalau gua ini jadi salah satu yang terindah se-Asia Tenggara.

Dinamakan Gua Gong, karena kalau kamu memukul stalakmit atau stalaktitnya, maka akan keluar bunyi seperti bunyi gong.

2. Gua Jatijajar
instagram.com/mardianto catur
Gua yang terbentuk dari batuan kapur ini terletak di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Berbeda dengan lainnya yang masih alami, Gua Jatijajar telah direnovasi beberapa kali. Keuntungannya, kamu tak perlu takut berjalan di tanah dan kotor-kotoran, karena sudah ada jalur menyusuri gua.

3. Gua Jomblang
instagram.com/jordhammod
Gua yang satu ini terbentuk secara alami karena proses geologi sejak ratusan tahun lalu. Artinya, ada lubang di bagian atas gua yang membentuk sinkhole.

Kamu akan merasa seperti di bawah sinar surga saat berada di dalamnya.

4. Gua Maharani
youtube.com/jelajah Nesia
Jika sedang di Jawa Timur, jangan lupa sempatkan mengunjungi destinasi ini. Gua yang terletak di Lamongan ini cukup populer.

Dari dalam gua, kamu akan menemukan pemandangan berupa pancaran cahaya warna-warni ketika matahari menerangi daerah tersebut. 

5. Gua Pindul
goapindul.com
Gua yang terletak di kawasan Gunung Kidul Yogyakarta ini bisa dikatakan masih tergolong baru, karena baru diresmikan pemerintah daerah sekitar 2010 silam.

Berbeda dengan yang lainnya, kamu harus menggunakan ban atau yang biasa disebut cave tubing saat menyusurinya.

Kamu akan merasakan sensasi menyusuri gua dengan duduk di atas ban. Kamu juga bisa menyentuh langit-langitnya, karena jaraknya hanya sekitar empat meter. Seru kan?

6. Gua Es Carstensz
instagram.com/robyindotrek
Siapa bilang Indonesia gak punya salju? Nih buktinya! Indonesia juga punya gua es, lho! Letaknya di Papua.

Karena berada di ketinggian yang ekstrem, maka gua ini juga diselimuti gumpalan es abadi dan salju. Jika kamu ingin menyusurinya, siapkan fisik, mental, dan stamina yang kuat.

7. Gua Tabuhan
instagram.com/tri zhee
Selain Gua Gong, Gua Tabuhan juga terkenal di Pacitan, Jawa Timur. Spesialnya, kamu bisa menemukan stalaktit dan stalakmit yang berusia ratusan tahun dan bisa menghasilkan suara.

Karena itu, gua ini sering dijadikan lokasi pentas musik Jawa dengan menggunakan stalaktit dan stalakmit sebagai alat musiknya. Banyak pula wisatawan asing yang tertarik dengan keunikannya itu.

8. Gua Barat
instagram.com/@jumanang_
Sama seperti Gua Pindul, kamu akan menyusuri gua ini dengan ban pelampung. Nama lainnya yaitu Gua Angin, karena selalu menghembuskan angin yang tak tahu dari mana asalnya.

Dibutuhkan sekitar lima jam untuk menyusurinya, karena panjangnya mencapai 6,5 kilometer.

Kamu wajib berbangga tinggal dan memiliki Indonesia. Eksotisme yang ditawarkan Indonesia tak cukup hanya dengan pantai dan gunung, 

Karena Indonesia Surganya Wisata Dunia !!!!

Foto: Istimewa