Translate

Home » » 3 Dongeng Populer Destinasi Wisata

3 Dongeng Populer Destinasi Wisata

Posted by Wisata Indonesia on Kamis, 28 Oktober 2021

Jakarta (Wisata Indonesia) – Kisah legenda biasa dipercaya benar-benar terjadi atau membentuk suatu tempat. Bahkan kepercayaan ini kemudian diceritakan turun-temurun sehingga menjadi dongeng legenda sampai sekarang.

Di Indonesia sendiri ada beberapa dongeng legenda yang sangat populer hingga saat ini. Apa saja itu?

1. Legenda Gunung Tangkuban Parahu

Semua pasti sudah tahu jika Gunung Tangkuban Parahu ada di Jawa Barat. Ternyata, asal-usulnya dipercaya oleh masyarakat sebagai bagian dari legenda tentang Sangkuriang.

Sangkuriang kembali bertemu dengan Dayang Sumbi, yang tak lain ialah ibunya, kemudian ingin menikah dengan Dayang Sumbi dan ia menolak pernikahan itu.

Dayang Sumbi lalu meminta Sangkuriang untuk membuat bendungan sungai dan perahu yang sangat besar sebelum Matahari terbit.

Sangkuriang menyanggupi permintaan itu. Dan Dayang Sumbi tahu dan menggagalkan usaha Sangkuriang.

Karena gagal, Sangkuriang kecewa. menghancurkan semua usahanya, Perahu itu terapung-apung karena banjir dan akhirnya menjadi Gunung Tangkuban Parahu.

2. Legenda Danau Toba

Danau Toba di Sumatera Utara ini ternyata juga jadi dongeng legenda. Ternyata Danau Toba mengisahkan tentang seorang petani yang bertemu dengan seekor ikan.

Tak disangka, ikan ini ternyata merupakan seorang putri cantik yang dikutuk karena melanggar aturan kerajaan.

Petani dan putri itu lalu menikah, dan menyepakati untuk tidak menceritakan kepada siapa pun kalau ia dulunya merupakan seekor ikan.

Keduanya memiliki seorang anak yang tidak pernah merasa kenyang. 

Suatu hari, si anak diminta ibunya untuk mengantarkan makanan kepada ayahnya, Ia justru memakannya dan tertidur di rumahnya. Saat melihat anaknya yang tertidur, marahlah si petani itu dan mengatakan bahwa anak itu adalah anak ikan.

Petani itu menyadari kesalahannya, tapi sudah terlambat, Air itu meluap hingga membentuk sebuah danau yang sekarang ini dikenal dengan nama Danau Toba.

3. Legenda Candi Prambanan

Legenda Candi Prambanan di Yogyakarta berkisah tentang Roro Jonggrang yang tidak ingin dinikahi oleh Bandung Bondowoso.

Roro Jonggrang kemudian bersedia menikah dengan syarat Bandung Bondowoso harus membuat seribu candi sebelum Matahari terbit.

Seperti halnya kisah Sangkuriang, Bandung Bondowoso pun menyanggupi tantangan tersebut.

Roro Jonggrang yang tidak mau menikah dengan Bandung Bondowoso, mencoba menggagalkan Bandung Bondowoso.

Setelah itu, Bandung Bondowoso menghitung dan ternyata candinya hanya ada 999 buah, Betapa marahnya Bandung Bondowoso mengetahui hal itu. Ia lalu mengubah Roro Jonggrang menjadi batu untuk melengkapi candinya yang kurang sebuah dengan kekuatannya sendiri.

Nah, setelah mengetahui dongeng diatas, apakah kamu semakin penasaran untuk berkunjung ????

Foto: Istimewa

Klik disini


Terimakasih sudah membaca & membagikan link Wisata Indonesia

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Travel

Tour