Minggu, 23 Oktober 2022

7 Surga Sabana Nusantara

Jakarta (Wisata Indonesia) – Persebaran Sabana dan Stepa di Indonesia sendiri banyak di temukan di kawasan daerah timur. Hal ini disebabkan oleh iklim di indonesia. Curah hujan dan kandungan air tanah yang cukup minim di kawasan  membuat kondisi tanah menjadi sangat kering dan  terkadang lembab.


Dibawah ini beberapa Padang Sabana atau Stepa yang berada di Indonesia, antara lain: 


1. Bukit Wairinding

Terletak di Desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai, Kota Sumba timur terlihat menakjubkan dengan vegetasi padang rumputnya yang luas. Hamparan padang savana yang terhampar luas itu akan berwarna kuning saat musim kemarau dan sebaliknya berwarna hijau pada musim penghujan. 


2. Tegal Panjang

Tegal Panjang ialah savana luas yang berada di area Papandayan, Garut, Jawa Barat. Jika kita lihat menggunakan satelit, Savana ini berbentuk lingkaran memanjang tak beraturan, di kelilingi hutan belantara.


3. Pulau kenawa

Terletak di Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, sabana ini disebut sebagai surga tersembunyi. Bagaimana tidak, pulau seluas 15 hektar ini menyuguhkan kita hamparan rerumputan yang dikelilingi oleh lautan. Uniknya juga, hanya terdapat satu bukit di pulau yang tak berpenghuni ini.


4. Oro-oro Ombo Semeru

Sabana kali ini sedikit berbeda karena  kita akan disuguhi hamparan bunga berwarna ungu yang dikelilingi rerumputan. Jenis bunga yang menyelimuti padang rumput indah ini adalah bunga Verbena. 

Hamparan sabana di Gunung Semeru ini mencapai 20 hektare. Lokasi Oro-oro Ombo Gunung Semeru ini dekat dengan Ranu Kumbolo, tepatnya di balik Bukit Cinta.


5. Sabana Bekol TN Baluran

Africa van Java, sebutan bagi Taman Nasional Baluran berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Hamparan padang rumput seluas 22,5 hektar ini, tidak hanya Sabana, terdapat juga Hutan, Pantai serta Gua. Taman Nasional Baluran juga menjadi habitat dari 444 spesies pohon, 26 spesies mamalia serta 155 jenis burung, yang beberapa diantaranya adalah spesies langka.


6. Bukit Teletubbies, Gunung Prau

Bukit Teletubbies Prau merupakan sekumpulan bukit kecil yang terletak di Puncak Gunung Prau. Hamparan Bunga Daisy akan serentak mewarnai Bukit Teletubbies, setiap akhir musim hujan, atai menjelang musim kering.

Saat malam hari taburan bintang di langit malam yang disebut Milky Way akan sangat terlihat cantik. Sambil menunggu pagi, kita dapat berburu sunsrise yang begitu menakjubkan.


7. Puru Kambera Sumba Timur

Kawasan yang terletak di kawasan Sumba Timur ini memang merupakan kawasan indah. Sekitar 24 km dari Kota Waingapu, kita bisa melihat sabana luas dengan vegetasi khas Sumba lengkap dihiasi hamparan alam indah. Belum lagi dengan kondisi langit biru muda menjadi bukti tambahan akan indahannya Indonesia timur.


Keindahan alam di Indonesia memang sangatlah mengagumkan. Oleh sebab itu, tinggal tugas kita bagaimana merawat serta terus melestarikannya. 


Semangat selalu dan jangan berhenti mengeksplorasi keindahan Alam di Indonesia. (FMawero)


Foto: Istimewa