Minggu, 20 Juni 2021

Rindu Ubud, Sanur Dan Nusa Dua


Meski dunia masih dirundung pandemi Covid-19, bukan menjadi halangan untuk kita bisa berkunjung ke destinasi wisata yang sudah dikenal dunia sebagai Islands of God ini, yakni Bali. Namun, kedatangan kita ke Bali tetap mesti mematuhi disiplin protokol kesehatan (prokes) yang baik.

 

Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan Pemda Bali terus melakukan evaluasi dan persiapan untuk menghadirkan pesona Bali bagi wisatawan, khususnya dari domestik (wisnus atau wisatawan nusantara).

 

“Saya berharap tercipta pengelolaan destinasi yang berkualitas dan berkelanjutan di Nusa Dua, Sanur, dan Ubud. Sehingga dapat dijadikan sebagai contoh konkrit untuk meningkatkan kepercayaan pasar domestik dan mancanegara, demi reputasi destinasi pariwisata Indonesia,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno, akhir Mei lalu.

 

Tiga lokasi wisata favorit di Bali itu sengaja dijadikan percontohan, karena dinilai persiapan penerapan prokesnya sangat baik. Pemerintah telah menyiapkan beberapa kawasan di Bali dengan misi menyatukan berbagai komponen untuk membangun, menata, mengontrol, mempromosikan destinasi yang bertanggung jawab, berkualitas, dan berkelanjutan.

 

Berkunjung ke Bali wajib mematuhi prokes yang baik
Menparekraf juga tak lupa mengingatkan pentingnya untuk terus berinovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Mau tahu apa saja aktivitas yang bisa dilakukan di ketiga kawasan itu? Yuk simak!

Ubud

Kawasan ini masuk dalam teritori Kabupaten Gianyar yang terkenal memiliki banyak seniman berbakat, dan bisa dikatakan pusat budaya dan seni di Bali. Sehingga tak heran jika nuansa di Ubud kental dengan unsur kesenian. Selain itu, keindahan alam juga menjadi keunggulan pariwisata Ubud. Siapa pun dapat dengan mudah menemukan bukit, sawah, serta sungai yang masih alami.

Nusa Dua

Destinasi ini identik dengan kawasan resor mewah kelas dunia. Sebagian besar wisatawan yang berlibur ke Nusa Dua tertarik untuk liburan ke pantai pasir putih. Selain aktivitas di pantai, wisatawan juga dapat menonton pertunjukan budaya serta mengunjungi museum Pasifika di Nusa Dua Bali.

Sanur

Sebagai kawasan wisata, Sanur dikenal wisatawan sebagai tempat yang lebih tenang serta pantai ramah untuk anak berenang. Karena ketenangannya, pantai Sanur dan daerah sekitarya aman untuk anak-anak berenang, membuat destinasi ini diminati wisatawan keluarga dan orang tua.

Tentunya semua kegiatan di sana akan bisa terlaksana dengan disiplin menerapkan prokes (jaga jarak, pakai masker, dan cuci tangan dengan sabun).