Minggu, 20 Juni 2021

Indonesia Merupakan Episentrum Kopi Dunia


“Kopi 1ini menjadi produk yang sangat diunggulkan. Karena, Indonesia dikenal sebagai episentrum kopi di dunia. Dan saya berharap industri kopi akan menjadi tulang punggung penciptaan lapangan kerja, penggerak ekonomi Indonesia termasuk ekspor, dan akan menjadi nation branding Indonesia yang kuat,” ucap Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, saat acara NGANTRI (Ngobrol Bareng Mas Menteri), disiarkan secara daring melalui instagram @pesonaid_travel (6/6).


Berdasarkan data dari Organisasi Pangan dan Agrikultur Dunia (FAO), pada 2017 - 2018, Indonesia menempati posisi keeempat sebagai salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia, setelah Brazil, Vietnam, dan Columbia. Dengan memproduksi lebih dari 10 juta karung kopi.

Jenis kopi yang dihasilkan Indonesia pun beranekaragam, seperti Kopi Arabika Toraja, Kopi Gayo, Kopi Sidikalang, Kopi Kintamani, dan lainnya. Hal ini menunjukkan betapa besar potensi industri kopi di Indonesia yang bisa dikembangkan agar lebih mendunia.

Sebagai seorang pencinta kopi, Sandiaga berpesan kepada pelaku usaha kopi agar tetap semangat di tengah situasi pandemi COVID-19 serta mencari passion atau menemukan kreativitas baru, karena Kemenparekraf siap memberi program pelatihan dan bantuan untuk meningkatkan peluang usaha dan peningkatan lapangan kerja.

Diantaranya, program Bantuan Insentif Pemerintah (BIP) untuk permodalan, Apresiasi Kreasi Indonesia, Food Startup, program BEDAKAN (Bedah Desain untuk Kemasan) dan Begerak (Bedah Gerai Kuliner). Serta bantuan pemasaran ke luar negeri atau melalui penyelenggaraan event seperti Kopi Craft Indonesia 2021.

Pemerintah beri perhatian khusus untuk pelaku usaha kopi agar bangkit di masa pandemi

Acara Kopi Craft Indonesia 2021 merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf dengan Summarecon Mall Serpong, selama 10 hari (3-13 Juni 2021). Tujuannya meningkatkan pendapatan para pelaku subsektor kuliner, khususnya penjual kopi, menambah awareness masyarakat tentang keanekaragaman kopi Indonesia, serta sosialisasi story telling tentang kreasi produk kopi dari bean to cup.

Adapun beberapa kegiatan menarik yang ada di Kopi Craft Indonesia 2021 adalah pameran dan bazar, workshop dan edukasi tentang kopi, Manual Brewing Latte Art Competition, dan movie screening.