Translate

Home » , » 7 Fakta Unik Kawah Ijen

7 Fakta Unik Kawah Ijen

Posted by Wisata Indonesia on Kamis, 30 September 2021



Jakarta (Wisata Indonesia) – Fenomena Blue Fire hanya ada dua di dunia, di Kawah Ijen dan di Islandia. Kenyataannya, api biru tersebut merupakan hasil reaksi gas bumi yang bertemu dengan oksigen pada suhu tertentu. Untuk melihat fenomena ini, Anda perlu mendaki gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.443 mdpl.

Kawah Ijen adalah salah satu kawah di Indonesia yang menyimpan berbagai keindahan. Nah, untuk kali ini lo akan mengetahui 7 hal menarik di balik Kawah Ijen dan rahasia dibalik Blue Fire.

Inilah 7 Fakta Unik Kawah Ijen, Antara lain:

1. Memiliki Kaldera Paling Luas

Memiliki kedalaman sedalam 200 meter, Kawah Ijen berada pada kedalaman lebih dari 300 meter dari dinding Kaldera di bawah. Kemudian, ukuran kalderanya sendiri mencapai 20 kilometer luasnya. Hal dan kondisi ini menjadikan Kawah Ijen sebagai Kaldera yang paling luas di Pulau Jawa dan berwarna Hijau Toska

2. Sebagai Gunung Berapi Yang Masih Aktif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kepulan asap belerang dan terkadang bau yang menyengat adalah pertanda bahwa Kawah Ijen, sebagai gunung berapi yang masih aktif. Berdasarkan catatan geologi Indonesia, Kawah Ijen pernah meletus pada tahun 1796, 1817, 1913, 1936.

3. Kawasan Tambang Belerang Tradisional

Setiap harinya, setidaknya ada 200 penambang tradisional belerang, yang memikul beban atau berat belerang sebanyak 80 kilogram. Belum menggunakan mesin atau teknologi yang lebih canggih, para penambang mempertahankan cara tradisional mereka untuk mengambil belerang tersebut.

4. Danau Asam Terbesar di Dunia

Pemandangan danau yang berwarna hijau toska ini menjadi salah satu pemandangan utama yang ada di Kawah Ijen. Memiliki kedalaman sekitar 200 meter, danau di Kawah Ijen memiliki luas 5466 Ha. 

5.Arti Dibalik Nama Ijen

Dalam Bahasa Jawa, Ijen memiliki arti sendiri, atau sendirian. Namun, pada kenyataanya, jelas berbeda sekali. Kawah Ijen adalah kawasan gunung berapi yang tidak sendirian. Disekitarnya terdapat banyak pegunungan dan perbukitan. Salah satu pegunungan yang ada di sekitar Kawah Ijen adalah Gunung Rante, Gunung Pendil, Gunung Suket, dan Gunung Raung.

6. Fakta Dibalik Fenomena Blue Fire

Blue Fire adalah gas belerang yang muncul atau menyembur dari celah-celah bebatuan dengan suhu 600 derajat celcius dan bertemu dengan udara sekitar. Hal tersebutlah yang membuat gas belerang tersebut menjadi warna biru.

7. Fenomena Blue Fire Hanya Ada 2 di Dunia

Fenomena Blue Fire hanya ada 2 tempat di dunia, satu ada di Indonesia, Kawah Ijen, dan yang kedua adalah Islandia. 

Foto: Istimewa


Terimakasih sudah membaca & membagikan link Wisata Indonesia

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Travel

Tour