Translate

Home » » 5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge

5 Fakta Unik Situ Gunung Suspension Bridge

Posted by Wisata Indonesia on Selasa, 12 Oktober 2021

Jakarta (Wisata Indonesia) – Begitu banyaknya obyek wisata di Indonesia, ada yang justru mencengangkan banyak orang, yaitu objek wisata "Situ Gunung Suspension Bridge".

Ada 5 fakta unik tentang jembatan gantung yang satu ini, antara lain:

1. Jembatan gantung 3 terpanjang di Asia

Merupakan jembatan gantung terpanjang di Indonesia, bahkan digadang-gadang sebagai salah satu jembatan gantung terpanjang di Asia. Suspension Bridge memiliki panjang 243 meter dan lebar 18 meter yang melintang di atas ketinggian jurang mencapai 161 meter di atas permukaan tanah.

Untuk jembatan terpanjang dan terbesar di Asia sendiri berada di China, jembatan tersebut sekitar 2,4 kilometer dengan ketinggian 280 meter dari atas permukaan Sungai Longjiang. Sebelum akhirnya rekor tersebut dikalahkan oleh Pearl Bridge di Jepang yang merupakan jembatan gantung terpanjang di dunia dan secara otomatis juga menjadi terpanjang di Asia, yakni sekitar 3,9 kilometer. 

Dan untuk jembatan gantung tertinggi di dunia berada di Millau Viaduct, Perancis dengan ketinggian mencapai 343 meter dari permukaan tanah.

2. Kapasitas 40 pengunjung sekali penyeberangan

Meski perkiraan dari kontsruksi jembatan gantung Situ Gunung dapat menampung berat dengan beban 55 ton atau sekitar 150 orang. Dan diperkirakan hanya bisa menampung 60 orang yang dapat naik dalam waktu bersamaan. Namun pada kenyataannya jembatan gantung ini hanya boleh dilintasi oleh 40 pengunjung saja dalam sekali menyeberang. 

3. Jembatan menggunakan bahan dasar kayu ulin

Menurut data terpercaya jembatan gantung ini menggunakan bahan dasar berbahan kayu ulin yang dikirim dari Provinsi Papua. Ulin atau juga yang disebut kayu besi merupakan pohon khas dari daerah Kalimantan.

4. Kontruksi jembatan menggunakan 5 sling sekaligus

Sling adalah alat bantu angkat khususnya barang yang besar dan berat di berbagai industri dan pembangunan konstruksi. Menurut informasi yang beredar bahwa jembatan gantung ini menggunakan 5 sling sekaligus, jika pada umumnya jembatan gantung hanya menggunakan 3 sling saja.

Selain itu untuk pengaman Jembatan Gantung Situ Gunung (Situ Gunung Suspension Bridge), juga telah dipasangi jaring kawat  dengan ukuran 4 mm dengan tinggi 120 meter, sebagai keamanan pengunjungnya.

5. Dana Pembangunan lebih dari 4 miliyar

Pembangunan jembatan gantung ini atas prakarsa pihak swasta dan Kementerian Lingkungan Hidup. Dana yang dikeluarkan tak tanggung-tanggung, sejak bulan Mei 2017 tercatat dana yang sudah keluar lebih dari Rp 4 milyar.

Pembangunan jembatan gantung Situ Gunung ini diharapkan bisa bermanfaat untuk pengembangan wisata di Sukabumi. Apalagi dengan adanya lokasi destinasi lain dalam satu kawasan tersebut yakni Curug Sawer dan Situ Gunung.

Foto: Istimewa

Klik disini


Terimakasih sudah membaca & membagikan link Wisata Indonesia

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Travel

Tour