Translate

Home » , » 9 Fakta Ambon Selalu Manise

9 Fakta Ambon Selalu Manise

Posted by Wisata Indonesia on Rabu, 20 Oktober 2021



Jakarta (Wisata Indonesia) – Terakhir kali menjejakkan kaki di tanah Ambon, saat saya berumur 4 tahun, dan itu sudah lama berlalu, karena sebagian besar keluarga, semua tinggal di Pulau Jawa. 

Ada banyak cerita menarik, saat mendengar sahabat atau rekan bisnis, bercerita bagaimana eksotisnya Alam Ambon sampai saat ini.

Ketika mendengar nama kota Ambon pasti terlintas deretan pantai serta bentang alam eksotis. Hal ini benar adanya mengingat letak kota ini berada di wilayah timur Indonesia, yang mana berjajar daerah kepulauan. 

Salah satu destinasi utamanya ialah Pantai Pintu Kota Ambon, berjarak sekitar 16 km dari pusat kota. Objek wisata ini bisa dikatakan pintu yang akan dilewati ketika hendak memasuki Kota Ambon. 

Hal tersebut karena adanya sebuah tebing besar dengan lubang mirip pintu raksasa. Tebing karang ini terbentuk karena gerusan ombak Laut Banda selama bertahun-tahun. Menampilkan pemandangan laut yang biru dan tenang, serta batu karang tersebar hampir di seluruh bibir pantai.

Pantai Pintu Kota Ambon, Adalah salah satu destinasi yang akan kita kita bahas kali ini.

Beberapa Fakta Pantai Pintu Kota Ambon, yang sengaja saya rangkum dari berbagai sumber:

1. Pantai Eksotis dengan Batu Karang Mirip Gerbang

Dulunya pantai ini merupakan gerbang masuk bagian selatan perairan Ambon. Mulai para pedagang, penjelajah, pelaut, masyarakat lokal, hingga penjajah harus melalui gerbang ini dahulu. Dari celah gerbang batu karang tersebut Anda dapat melihat Laut Banda yang mempesona.

2. Panorama Bahari yang Eksotis

Ambon memang terkenal sebagai salah satu kota dengan wilayah pesisir terbesar. Keindahan lautnya tidak dapat ditolak, dengan warna air biru dan jernih. Tentu saja kecantikan tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. 

3. Bibir Pantai yang Unik

Jika wisata pantai lainnya kebanyakan punya hamparan tepi pantai luas, maka Pantai Pintu justru sebaliknya. Bagian bibir pantai yang didominasi pasir sangat sedikit, malah dipenuhi batuan karang. 

4. Menjadi Spot Snorkling dan Diving

Bukan rahasia lagi apabila Ambon populer dengan keindahan laut yang luar biasa. Tak ayal jika Pantai Pintu Ambon juga memiliki kekayaan bahari yang sama cantiknya. 

5. Menjelajahi Alam

Bagi jiwa petualang tentu cocok menempuh perjalanan menuju destinasi ini. Pasalnya dari lahan parkir perlu melalui trek cukup panjang hingga tiba ke bibir pantai. Kondisi jalannya berbatu, curam, dan licin jadi perlu waspada. 

6. Menikmati Lanskap Alam

Tebing yang menjorok ke arah laut dan berwarna coklat kemerahan begitu memanjakan mata. Apalagi warnanya kontras dengan warna laut biru kehijauan. 

7. Keliling Pantai Naik Speedboat

 Pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dengan sewa speedboat milik nelayan. Anda diajak berkeliling lautan dan melalui gerbang batu karang yang menjadi ikon wisata.

8. Menyaksikan Panorama Sunset

Momen matahari terbenam disini sangat indah dan memanjakan mata. Semburat senjanya memantul ke permukaan air, dan menciptakan siluet batu karang indah.

9. Warung Kuliner Khas Ambon

Setelah puas menikmati semua keindahan ditempat ini, sudah saatnya memanjakkan dahaga kuliner ketika kita berkunjung kesini, dengan sajian masakan khas Ambon dan es kelapa muda. Ada pula yang menjual rujak buah Ambon yang mempunyai cita rasa tersendiri. 

Berkunjung ke Kota Ambon sayang sekali bila tidak mampir ke Pantai Pintu Kota. Lanskap alam yang memukau berupa batu karang besar, dengan lubang di bagian tengah. Hampir seluruh tepi pantai tersebar batu karang kecil. Air laut jernih hingga terlihat terumbu karang dan ikan-ikan kecil berenang.

Ayo kamu juga harus menjadi bagian, Si Manise di Kota Ambon yang sangat memanjakkan mata.

Foto: Istimewa

Klik disini


Terimakasih sudah membaca & membagikan link Wisata Indonesia

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Travel

Tour