Translate

Home » , , » Buton 'Negeri Seribu Gua'

Buton 'Negeri Seribu Gua'

Posted by Wisata Indonesia on Kamis, 18 November 2021



Jakarta (Wisata Indonesia) – Buton Tengah memiliki banyak jenis gua kering dan berair yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri. Beberapa diantaranya terdaapat Gua baru dan letaknya tersembunyi bahkan masih jarang dikunjungi oleh wisatawan dan belum terjamah.

Dilansir dari berbagai sumber dan rilis resmi dari Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, berikut nama-nama gua di Buton Tengah yang indah, menantang dan terkenal dikalangan para wisatawan domestik maupun mancanegara.

1. Gua Maobu
Gua yang terletak di Desa Lalibo, Kecamatan Mawasangka Tengah ini, di kalangan wisatawan dikenal juga dengan penyebutan Pantai Maobu, karena letaknya tepat di pinggir pantai Teluk Liana Banggai.

Ketika disana, wisatawan akan mendapatkan pemandangan alam dengan landscape pantai berupa bebukitan, air laut yang jernih kebiruan, tanjung, dan pulau-pulau kecil di Teluk Liana Banggai.

2. Gua Koo
Gua Koo ini terletak di Desa Lantongau. Kedalam Gua ini kurang lebih 50 meter dan memiliki air yang bening seperti kaca.

Bahkan mantan Presiden ketiga BJ Habibie sempat tertarik akan kejernihan Gua Koo. Dan menurut salah seorang peneliti yang datang, air yang berada di Gua Koo merupakan salah satu air terbaik yang ada di Indonesia.

3. Gua Loba-Loba
Sesuai namanya Loba-Loba (Loba dalam bahasa Wolio yang berarti lobster), Gua ini hanya dapat  diakses di dasar laut.

Gua Loba-Loba merupakan gua yang indah serupa terowongan yang menghubungkan bawah laut dan daratan di Desa One Wara, Kecamatan Lakudo.

Kedalaman Gua Loba-Loba sendiri mencapai kurang lebih 27 Meter. Wisatawan yang menyelam di gua ini akan melihat pemandangan bawah laut yang dihiasi terumbu karang dan berbagai jenis biota yang menamba ke indahan dan keseruan saat diving di destinasi yang satu ini.

4. Gua Oe Mamba
Gua yang satu ini lebih mirip danau atau sebuah telaga, jika hanya dilihat kasat mata dari atas.

Gua yang satu ini terbilang unik, Karena terdapat dua gua horizontal di dasar danau ini. Namanya Gua Oe Mamba dan Gua Topa Sohi. Kedua Gua ini dibatasi sebuah batu karang raksasa. Dan untuk mencapai gua ini, harus menyelam sedalam 75 meter. Gua yang satu ini diketahui belum lama dan tergolong baru.

5. Gua Inoli
Gua Inoli merupakan Gua yang tak kalah menantang dan uniknya, gua yang satu ini dari atas mulut Gua terlihat persis seperti Gua Koo. Jangan salah, berbeda dengan Gua Koo, Gua Inoli memiliki kedalaman air hingga puluhan meter dan penjajakan sampai kedasar Gua membutuhkan alat diving.

Ketika Anda menyelam dalam Gua Inoli, Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan antara perpaduan air yang biru dengan stalaktil dan stalamit gua yang hijau. Ditambah lagi ketika beruntung, di Gua Inoli, para penyelam akan merasakan seperti melayang-layang di atas cahaya yang muncul dari sela-sela mulut gua dan menembus kedalaman air.

6. Gua La Umehe
Gua yang satu ini berbeda dengan Gua-gua yang sebelumnya di atas. Gua yang berada di Desa Wantopi, Kecamatan Mawasang Timur ini, merupakan Gua kering yang indah dan menantang. Di dalam gua ini juga memiliki mata air di ujung gua, hanya kedalamannya tak seberapa, seperti kolam yang menampung mata air dari tetesan air dari langit-langit gua. Hingga air dari gua ini sangat dingin tapi menyejukan.

Dengan kedalamannya bisa mencapai 86 meter. Jalan dalam gua berkelok-kelok, dan menanjal, Dan kerennya Gua La Umehe memiliki stalaktit serta stalagmit, sehingga dinding-dinding di Gua La Umehe ini seperti mengeluarkan cahaya yang berwarna warni yang indah. Untuk lokasi Gua La Umehe sendiri berjarak kurang lebih 100 meter dari pemukiman warga Desa Wantopi.

Itulah 6 Gua Terindah dan menantang untuk kamu jelajahi.

Buton Tengah seperti kepingan surga kecil yang tersembunyi di Sulawesi Tenggara dan menyimpan banyak destinasi pariwisata yang indah dan memanjakkan mata.

Anda yang mau berlibur di Kabupaten Buton Tengah disarankan untuk transit dulu di Kota Kendari atau Kota yang paling dekat, yakni Baubau.


Foto: Istimewa
Klik disini


Terimakasih sudah membaca & membagikan link Wisata Indonesia

Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »

Travel

Tour