Rabu, 22 September 2021

8 Wisata Air Terjun Unik di Jawa Barat


Jakarta (Wisata Indonesia) – Jawa Barat dikenal dengan keindahan alamnya yang menyejukkan. Gak heran kalau banyak objek wisata alam yang menarik.

Salah satunya air terjun atau curug. Wisata air ini memang sangat menyejukkan dan menyegarkan. Bahkan, tak sedikit yang airnya sebening kaca.

Penasaran di mana saja air terjun atau curug yang bisa dikunjungi selama di Jawa Barat? Simak daftarnya berikut ini!

1. Curug Sanghyang Taraje

Instagram.com/sonydansetiadi

Curug Sanghyang Taraje dikenal sebagai salah satu "surga" tersembunyi di Garut. Lokasinya berada di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut, tepatnya di Desa Pakanjeng, Kecamatan Pamulihan atau kurang lebih berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Garut. 

Air terjun dengan ketinggian sekitar 82 meter ini berada di tengah-tengah hutan yang masih alami. Curug Sanghyang Taraje ini menyuguhkan dua aliran air yang jatuh secara berdampingan dan bentuknya menyerupai tangga. Tiket masuknya hanya Rp6.000, lho.

2. Curug Mariuk

                                 Instagram.com/wandy_day94

Curug Mariuk merupakan air terjun di Bogor yang belum diketahui banyak orang.  Airnya yang jernih membuat Curug Mariuk cocok untuk spot foto underwater. 

Lokasi Curug Mariuk berada di Sukamulya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat. Siapkan bujet sekitar Rp35 ribu untuk menikmati keindahan tempat ini ya.

3. Curug Jagapati

Instagram.com/ali_babah83

Curug Jagapati yang berlokasi di Garut Selatan ini memiliki pemandangan eksotis serta kondisi alam yang masih sangat bersih. Setidaknya ada empat level terjunan air yang cukup tinggi dan indah.

Di hari-hari tertentu, Curug Jagapati gak boleh dikunjungi. Juru kunci meminta pengunjung untuk tidak datang pada hari Selasa dan Jumat.

Lokasi Curug Jagapati berada di Kampung Padarame, Desa Neglasari, Kecamatan Cisompet, Garut, Jawa Barat. Tiket masuknya Rp10 ribuan.

4. Curug Panetean

Instagram.com/rayghipary

Curug yang berada di Tasikmalaya ini memiliki pemandangan memesona dari beberapa tingkatan air terjun rendah yang menarik. Bebatuan alami di sekitarnya membentuk kolam-kolam kecil yang akan membuatmu seolah sedang berendam di jacuzzi alam.

Lokasi Curug Panetean berada di Desa Kubangsari, Kecamatan Cikalong, Tasikmalaya, Jawa Barat. Kamu bisa masuk gratis ke sini selama pukul 08.00-15.00. 

5. Curug Luhur

Instagram.com/a.a.alaric

Curug Luhur atau disebut juga Curug Lesti, merupakan salah satu surga tersembunyi di Cianjur. Memiliki hamparan batu cadas berundak yang terbentuk secara alami, serta air mengalir dengan volume yang berbeda-beda pada setiap sisinya.

Lokasi Curug Luhur tepatnya berada di Pamoyanan, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Tiket masuknya Rp10 ribuan.

6. Curug Orok

Instagram.com/andriawan_96

Curug Orok berada di ketinggian 250 meter yang menyuguhkan pemandangan air terjun paralel setinggi 45 meter dengan tiga tingkat. Lokasinya berada di Desa Cikandang, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Tiket masuknya Rp10 ribu. Kamu bisa mengunjunginya selama pukul 08.00-20.00 WIB.

7. Curug Love

Instagram.com/idhayhidayat

Terletak di dataran tinggi, Bogor menawarkan panorama alam yang menawan. Salah satunya Curug Meleduk atau dikenal sebagai Curug Love.

Dinamai Curug Love karena adanya batu besar yang membelah air terjun di tengahnya. Jika diamati, batu besar tersebut menyerupai lambang hati. Tiket masuknya Rp15 ribuan.

8. Curug Balong Indah

Instagram.com/wandy_day94

Curug Balong Endah secara administratif berada di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak, Desa Gunung Picung, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Curug ini memiliki air yang sangat jernih dan bagus untuk berfoto underwater. Siapkan dana Rp7.500-Rp15.000 untuk masuk ke sini ya.

Nah, itulah beberapa rekomendasi air terjun atau curug di Jawa Barat yang bisa kamu kunjungi. Meski murah meriah, jangan sampai membuang sampah sembarangan atau merusak alam ya. 

Foto: Istimewa